Biaya Logistik dan Armada Melonjak? Lakukan Langkah Penghematan Berikut

Tahukah Anda bahwa salah satu penopang terkuat dari pertumbuhan sebuah perusahaan adalah sektor logistiknya. Efisiensi dan pembenahan dari sektor ini terbukti mampu meningkatkan laba usaha dan menurunkan angka kerugian secara signifikan.


Agar dapat bersaing secara maksimal, perusahaan juga harus mampu menjamin efisiensi produksi dan pengadaan kualitas layanan. Bagi konsumen jelas, layanan logistik yang efisien dapat menekan angka barang sehingga dapat menguntungkan bagi konsumen.

Ongkos retail barang secara eceran disumbang oleh ongkos logistik. Demikian besar persentasenya sehingga pengusaha logistik harus memutar otak bagaimana agar fleet management system mereka dapat lebih efisien sekaligus bisnis tetap tumbuh.

Eits… Jangan pusing dulu! Karena semua masalah pasti ada tips-nya. Kali ini kami telah merangkum beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi logistik perusahaan!

Jangan Terpaku Pada Satu Pemasok
Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi logistik sebuah perusahaan adalah dengan tidak terpaku hanya dengan satu pemasok. Cara ini terbukti mampu menghemat pengeluaran. Apabila Anda hanya terpaku pada satu pemasok, Anda tidak memiliki pilihan lain selain menerima harga yang ditawarkan. Padahal belum tentu hasilnya nanti sepadan dengan kondisi pasar dan daya beli masyarakat. Ketika Anda membeli bahan baku dengan harga mahal, maka nilai produksi serta harga yang akan dijual pun akan meningkat.

Namun ketika Anda memiliki lebih dari satu pemasok, Anda memiliki banyak pilihan harga. Ini akan memberikan efek beauty contest sehingga tidak ada lagi unsur spekulatif. Dengan cara ini, Anda dapat membeli bahan yang cukup banyak dengan harga yang murah, sebaliknya ketika harga naik Anda dapat membeli bahan dengan jumlah yang sedikit.

Gunakan Sistem Paperless
Terdapat banyak aspek dalam manajemen logistik yang dapat dilakukan dengan sistem otomatis dan paperless. Contoh paling sederhana adalah tracking untuk pengiriman barang yang dilakukan dari gudang perusahaan kepada distributor.

Selain menghemat pengeluaran kertas, sistem paperless dapat mengurangi adanya kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh bias maupun human error lainnya. Kemudian, data yang didapat juga lebih aktual karena selalu diperbaharui. Selain itu, pendeteksian masalah serta penyelesaiannya juga menjadi lebih mudah dilakukan.

Menghemat Biaya Transportasi
Selanjutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi logistik perusahaan adalah dengan menekan biaya transportasi. Hal ini penting untuk dilakukan sehingga Anda dapat mengalokasikan dananya untuk sektor lain di perusahaan Anda.

Ada beberapa saran yang dapat Anda gunakan untuk dapat menghemat biaya transportasi seperti bereksperimen dengan kemasan yang lebih kecil, investasi pada kendaraan yang hemat bahan bakar, melakukan efisiensi pada pengemasan, melakukan strategi loading barang, perencanaan rute pengiriman yang terbaik agar dapat menghemat waktu dan biaya, menggunakan rental mobil untuk armada logistik perusahaan, serta membeli bahan bakar ekonomis.

Meningkatkan efisiensi logistik perusahaan merupakan salah satu upaya untuk mendukung kinerja perseroan yang lebih efektif. Keuntungannya pun tak main-main, selain untuk meningkatkan efisiensi biaya operasi, efisiensi logistik juga dapat meningkatkan jumlah laba perusahaan. Jadi, apakah Anda siap untuk meningkatkan efisiensi logistik perusahaan?

Bagikan

loading...

Jangan lewatkan

Biaya Logistik dan Armada Melonjak? Lakukan Langkah Penghematan Berikut
4/ 5
Oleh