Ingin Jalani Usaha Sampingan Sebagai Reseller? Pelajari Hal Ini Dulu

Bagi Anda yang sering belanja online, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah bisnis reseller atau dropshipper bukan? Mungkin Anda berpikir jika kedua istilah tersebut adalah berjualan online. Namun sebenarnya kedua istilah ini cukup berbeda. Bagi Anda yang hendak menjalani bisnis sampingan sebagai reseller atau dropshipper, penting pelajari hal ini dulu.


Apa Perbedaan antara Reseller dan Dropshipper?
Sebelum mengenal perbedaannya, Anda perlu mencari tahu definisinya terlebih dahulu. Reseller merupakan orang yang menjual produknya kembali dari pihak supplier ke konsumen. Reseller cukup berbeda dengan supplier. Untuk menjadi seorang reseller, Anda membutuhkan modal untuk membeli produk dari supplier. Bahkan Anda harus menyetok barang lebih dulu.

Lain halnya dengan dropshipper. Dropshipper merupakan orang yang menjual produk dari supplier. Hanya saja seorang dropshipper tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Dropshipper hanya perlu menjual barang kepada konsumen dengan memperlihatkan gambar saja. Jika pembeli ingin memesan, maka dropshipper akan meneruskan pesanan kepada supplier.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Reseller?
Meski reseller merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun bisnis ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yakni bisa menyetok barang terlebih dahulu. Jadi dengan begitu seorang reseller bisa mengetahui kualitas dari produk yang akan dijual secara langsung. Anda juga bisa mengenal lebih dalam mengenai produk tersebut.

Tak hanya itu saja, dengan menjadi seorang reseller keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga akan lebih maksimal. Bahkan harga produknya juga bisa ditentukan sendiri oleh seorang reseller. Biasanya pihak supplier hanya akan memberikan diskon kepada reseller yang menjual kembali produknya.

Tak hanya memiliki kelebihan saja, menjadi seorang reseller juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah Anda perlu mengeluarkan modal sendiri yang bisanya cukup besar. Modal ini nantinya akan digunakan untuk membeli produk supplier yang akan dijual kembali. Bahkan jika kualitasnya kurang maksimal, supplier juga mau bertanggung jawab.

Kelebihan dan Kekurangan Dropshipper?
Selian supplier, dropshipper juga merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan banyak diminati. Dengan menjadi seorang dropshipper, maka Anda tak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Dengan artian untuk memulai usaha yang satu ini Anda tak memerlukan modal terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan menjadi seorang dropshipper adalah dapat menjual beberapa barang dari supplier. Tugas seorang dropshipper hanya memaksimalkan pemasaran produk terkait saja. Semakin banyak produk yang Anda jual maka semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Meski memiliki banyak keuntungan, dropshipper juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah berhubungan langsung dengan komplain pelanggan yang kurang puas dengan produk yang Anda pasarkan. Jika produknya kurang baik, maka konsumen akan menyalahkan Anda sebagai penjual. Keuntungan yang bisa didapatkan juga masih kalah dari reseller.

Pilih Jadi Reseller atau Dropshipper? Sesuaikan dengan Keinginan
Setelah mengetahui apa perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari reseller dan dropshipper, Anda hanya perlu memilih ingin menjalankan bisnis reseller atau dropshipper. Ini tergantung pada keinginan Anda tentunya. Jika Anda ingin menjalankan bisnis yang cukup mudah dari supplier, maka reseller merupakan pilihan terbaik bagi Anda.

Namun jika Anda tidak ingin kerepotan jika harus menyetok berbagai barang di rumah, maka dropshipper merupakan pilihan terbaik untuk Anda. Sebab dengan menjadi seorang dropshipper Anda hanya perlu mempromosikan sebuah gambar untuk bisa mengambil keuntungan. Sebenarnya kedua jenis bisnis tersebut hanya berfokus pada pemasaran dan promosi saja.

Terlepas dari semua itu, kedua bisnis tersebut baik reseller maupun dropshipper tidak membutuhkan toko fisik. Semuanya bisa Anda jual secara online. Baik melalui toko online, website, maupun sosial media. Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Itulah beberapa perbedaan, kelebihan, dan keuntungan menjadi seorang reseller dan dropshipper. Pada dasarnya kedua jenis usaha tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan juga sekaran ini sudah banyak para pebisnis dengan berbagai macam produk memanfaatkan social commerce indonesia. Jadi, ingin jalani bisnis sampingan sebagai reseller atau dropshipper? Gabung saja dengan evermos.com. Proses mudah keuntungan maksimal.

Bagikan

loading...

Jangan lewatkan

Ingin Jalani Usaha Sampingan Sebagai Reseller? Pelajari Hal Ini Dulu
4/ 5
Oleh